Kamis, 15 November 2018

Wonderful Tasikmalaya



Assalamu`alaikum Readers!!

Kali ini saya akan membagikan informasi tentang keunikan daerah asal saya yaitu Tasikmalaya. Daerah sejuk dengan keramahan penduduk lokal yang membuat siapa aja yang telah merasakannya akan rindu ingin berkunjung kembali kekota ini. Selain itu, kota kelahiran saya ini juga memiliki wisata alam yang tidak kalah bagusnya dengan wisata alam di daerah lain di Indonesia, begitu sejuk dan indah. Terlebih apabila kita berkunjung bersama si "dia", yang tentunya akan menambah keindahan yang kita rasakan, hehe. Oiya kota ini juga disebut sebagai "Sang Mutiara Dari Priangan Timur", jadi gimana? penasarankan dengan pesona dari kota ini? yuk langsung aja kita bahas apa saja Wisata Alam dan Keunikan dari daerah asal saya ini! Berikut adalah beberapa tempat wisata alam dan keunikan dari daerah Tasikmalaya.

Wisata Alam Tasikmalaya
1. Curug Dengdeng



(Curug) DengDeng keindahan alam yang tersembunyi. Sesuai dengan namanya, Curug ini memiliki tiga tingkatan, diantaranya:
  • Tingkatan pertama memiliki tinggi sekitar 13 m, dari sini kalian bisa melihat aliran Sungai Cikembang dan hamparan sawah yang indah;
  • Tingkatan kedua memiliki tinggi sekitar 11 m, disini kebanyakan orang mandi dibawah jatuhnya air, dan;
  • Tingkatan ketiga sekitar 9 m dari tingkatan ini kalian dapat melihat bentuk air terjun secara keseluruhan yang membentuk suatu bedeng.
Saat ingin berwisata kesini usahakanlah untuk membawa persediaan minum karena medan yang akan kamu lalui untuk menjangkau curug akan lumayan berat dan melelahkan. Sebaiknya ajak orang yang sudah pernah ke wilayah ini atau minta bantuan seorang pemandu. Informasi tambahan untuk kalian, saat hujan kondisi air akan naik dan berwarna keruh jadi sebaiknya perhatikan cuaca terlebih dahulu sebelum berwisata ke curug ini. Usahakan untuk tidak datang ke tempat ini saat musim hujan karena dikhawatirkan kalian akan terhambat oleh jalanan licin yang berlumpur, dan ditakutkan lagi akan terjadi banjir karena debit air yang meningkat. Tetapi lelahnya kalian saat di perjalanan akan terbayar lunas sesampainya disana. Disana kalian akan menemukan banyak spot foto yang indah dan masih alami.

2. Wisata Alam Air Terjun  Ciparay



Curug Ciparay terletak di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari.  Objek wisata air terjun yang memiliki dua curug kembar ini sempat menjadi primadona tujuan wisata bagi masyarakat Tasikmalaya.

Untuk curug pertama memiliki debit air yang sangat besar.  Sedangkan curug kedua debitnya kecil sehingga dapat digunakan untuk mandi atau berendam karena kolam penampungan airnya hanya selutut orang dewasa.


Terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat, merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.


Nah readers, 3 tempat diatas hanyalah sebagian dari banyaknya kekayaan wisata alam di Tasikmalaya. Rasanya kurang pas jika kita hanya tahu sebagian wisata daerahnya saja tanpa mengenal makanan atau kuliner khas dari daerah itu. Maka dari itu, setelah ini kita bahas yuk! apa saja kuliner khas dari daerah yang disebut sebagai "Sang Mutiara Dari Priangan Timur" ini.


Kuliner Khas Tasikmalaya

1. Nasi Tutug Oncom


Sajian satu ini seakan menjadi menu wajib yang harus kamu santap jika berkunjung ke Tasikmalaya. Hidangan dengan julukan Nasi TO Tasik atau Nasi Tutug Oncom Tasik ini berisi nasi putih, oncom, bawang merah, bawang putih, kencur, cabai rawit, kemangi, garam, dan gula serta tambahan lauk pelengkap.

Konon, dalam bahasa Sunda, tutug mempunyai arti menumbuk karena tutug oncom dibuat dengan cara diaduk serta ditumbuk dengan oncom. Mantap!

2. Kupat Tahu


Nah, jika kamu mampir ke Tasikmalaya pasti melihat banyak pedagang kaki lima yang menjual kupat tahu. Menariknya, kupat tahu khas Sunda ini sedikit berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya karena menggunakan campuran bumbu yang khas asli dari Tasikmalaya.

Biasanya, kamu akan menemukan ragam pedagang kaki lima penjual kupat tahu di sekitar Jalan Raya Mangunreja, Singaparna.

3. Nasi Cikur


Nah, jika kamu mampir ke Tasikmalaya pasti melihat banyak pedagang kaki lima yang menjual kupat tahu. Menariknya, kupat tahu khas Sunda ini sedikit berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya karena menggunakan campuran bumbu yang khas asli dari Tasikmalaya.

Biasanya, kamu akan menemukan ragam pedagang kaki lima penjual kupat tahu di sekitar Jalan Raya Mangunreja, Singaparna.

4. Kolontong


Kolontong adalah camilan khas Tasikmalaya yang terbuat dari beras ketan yang diolah sedemikian rupa dicampur dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan sajian makanan ringan yang gurih. Uniknya, kolontong ini dibuat seperti ketika membuat opak namun setelah menjadi opak, untuk menghasilkan sebuah kolontong harus diproses kembali yaitu dengan proses pemanasan.

Cocok nih dijadikan oleh-oleh!

5. Soto Ayam Pataruman



Soto Ayam Pataruman adalah sebuah kedai yang menyediakan soto ayam khas Tasikmalaya yang berkuah santan dan mirip dengan soto betawi yang rasanya sangat gurih. Biasanya, seporsi soto ini berisi daging dada, daging paha, kulit, ati ampela, telor, ceker dan kepala. Jika kamu berkunjung ke Tasikmalaya, pastikan mencicipi kuliner satu ini yang berlokasi di Jl. Pataruman No.23, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rencana liburan ke Tasikmalaya? Jangan lupa nikmati lima kuliner diatas ini ya.

Gimana readers kulinernya sangat menggoda bukan?? Hehe. 


Yak sekian dulu blog saya kali ini, Terimakasih sudah berkunjung di blog ini!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar